Sunday 3 June 2018

Persiapan Pernikahan di Yogyakarta : #FinallyDhilaAmin

Bermula dari pertanyaan beberapa teman yang rata-rata menanyakan "Dhil itu baju nikahnya bikin atau sewa?" atau "Dekor sama MUA nya pakai siapa? Vendor fotonya pakai apa?" Melalui post ini saya ingin berbagi cerita siapa tahu bisa bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mempersiapkan pernikahan dan ingin mengadakan pernikahan sederhana seperti saya.

***long story alert***

Finally!
*bingung mau nulis cerita darimana*
Awalnya selama persiapan pernikahan, saya tidak tahu harus mulai mengurus bagian mana, kemudian yang saya lakukan biasanya mencari tips dan cerita persiapan pernikahan diblog. Senang sekali jika menemukan cerita yang detail dan bisa membantu untuk dijadikan bahan pertimbangan ataupun inspirasi. Nah maka dari itu, saya juga ingin berbagi cerita diblog. Lumayan kan, selain untuk dokumentasi pribadi siapa tau bermanfaat juga untuk yang sedang mempersiapkan pernikahan dan berencana mengadakan acara sederhana seperti saya.

Singkat cerita setelah acara lamaran pada bulan Agustus 2017 kami berdua mulai mencari tanggal yang sekiranya pas. Karena posisi saat itu saya masih bekerja di Medan dan (calon) suami di Kalimantan jadi cukup riweuh untuk mengurusi semuanya, komunikasipun terbatas melalui telefon dan mengandalkan sosial media. Alhamdulillah dibantu banyak oleh keluarga baik bude, pakde maupun sepupu yang sangat pengertian.

Dalam mempersiapkan pernikahan secara keseluruhan, saya mempunyai notebook yang berisi panduan dalam mengatur budget, konsep, dan timeline. Jadi lebih terarah dan kalau butuh data apapun ada dibuku ini. Saya juga menempel foto atau gambar yang akan saya jadikan referensi sehingga lebih mudah ketika berkomunikasi dengan wedding organizer nantinya. Buku ini benar-benar sangat membantu menurut saya.

Wedding book ini saya gunakan sebagai panduan menyusun budget dan konsep acara

Perlu diingat bahwa jangan membayangkan selama persiapan akan selalu mulus dan sesuai harapan, karena biasanya ada beberapa kerikil-kerikil yang harus dilalui baik itu dari keinginan kita yang terkadang banyak bimbangnya, kesesuaian dengan vendor, atau dengan pihak keluarga. Nah komunikasi ini menjadi solusinya. Yang paling penting adalah komunikasi untuk menyamakan keinginan acara seperti apa. Dari awal kami sepakat menginginkan acara yang sederhana karena saya dan suami tidak mau mengadakan acara secara berlebihan yang tidak sesuai dengan kemampuan kami berdua. Menurut kami, esensi kehidupan setelah pernikahanlah yang terpenting. Bahkan awalnya kalau bisa hanya akad nikah saja sudah cukup karena kami berpikir uang tabungan bisa kami gunakan untuk investasi. Tapi ini kembali kepada keluarga ataupun masing-masing pasangan ya. Namanya pernikahan menggabungkan dua keluarga jadi harus saling bertoleransi.

Ini beberapa tahap yang saya lakukan selama persiapan pernikahan beserta vendor-vendor di Yogyakarta yang menurut saya sangat membantu dan hasilnya memuaskan (yang saya tulis yang hasilnya menurut saya memuaskan ya ini, karena tidak bisa dipungkiri pasti ada beberapa yang juga ternyata kurang sesuai harapan). Berdasarkan pengalaman saya, lebih baik memakai vendor yang memang kredibilitasnya sudah terjamin, rekomendasi saudara yang sebelumnya pernah memakai vendor tersebut, atau saran dari sahabat terdekat untuk mengurangi kekhawatiran terhadap kinerja vendor.

1. DOKUMEN PERNIKAHAN
Hal pertama yang kami lakukan adalah mempersiapkan dokumen pernikahan. Mengurusnyapun gampang-gampang ribet. Gampang karena sebenarnya syarat dan alurnya sudah jelas, ribetnya karena terkadang kita tidak hanya butuh waktu sehari untuk mempersiapkan dokumen dan mengurusnya ke pihak yang terkait. Jadi lebih baik melengkapi seluruh dokumen diawal persiapan pernikahan agar seluruh persiapan lain dapat dilakukan dengan lebih nyaman.
 

2. VENUE
Venue : Taman Perwacy
Jalan Ringroad Selatan Manggisan, Baturetno, Yogyakarta
+ Dekat dari rumah sehingga lebih efisien
+ Area taman dan joglo cukup bagus tanpa diberi dekorasi berlebihan. 

- Karena area semi outdoor dan acara dilakukan pagi hingga siang jadi cukup gerah untuk tamu.
- Area di pinggir ringroad lalu lintas ke arah lokasi cukup padat.

Untuk lokasi acara, ibu saya waktu itu mengajak survey Taman Perwacy di Jalan Ringroad Selatan yang lokasinya tidak sampai satu kilometer dari rumah kami. Sampai di sana kami melihat venue, fasilitas dan pemaparan dari tim marketing. Taman Perwacy sendiri ada dua area yang disewakan untuk pernikahan yakni Joglo Perwita dan Auditorium Perwacy. Dengan segala pertimbangan sepertinya keluarga saya cocok dan memilih Joglo Perwita. Setelah kami tanyakan ternyata tanggal yang kami inginkan sudah penuh. Akhirnya kami memilih tanggal yang masih tersedia sambil membicarakannya dengan keluarga (calon) suami, kemudian sepakat dipilih tanggal 28 April 2018. Saat ini mengadakan pernikahan benar-benar harus prepare dari jauh-jauh hari dan jika cocok langsung DP agar tidak keduluan yang lain.


Note :
Kekurangan jika mengadakan acara siang hari dengan venue semi outdoor adalah cukup membuat gerah apalagi dengan cuaca di Yogyakarta yang saat itu sangat terik. Mungkin lebih baik memang mengadakan acara sesi sore ke malam hari agar tamu lebih nyaman.

3. WEDDING ATTIRE
Design dress akad dan resepsi : by me
Dijahit : Mbak Eva (penjahit langganan keluarga)
Jas : Yarden Tailor

Hal berikutnya saya lebih semangat mencari bahan untuk gaun pengantin. Dari awal tema pernikahan yang saya inginkan adalah pernikahan simple dengan sentuhan warna pastel. Jadi nantinya saya akan menggunakan gaun muslim simple dan suami menggunakan jas. Untuk gaun, saya mencari kain bersama ibu saya. Untuk pemilihan kain sendiri ini memerlukan survey berkali-kali karena kebanyakan galau maunya warna apa. Berkali kali saya memutari beberapa toko kain di Yogyakarta tapi tidak menemukan yang sesuai sampai akhirnya menemukan yang cocok ketika di Kota Solo. Dan warna gaun yang digunakan saat resepsi awalnya bukan keinginan saya, karena takut tidak dapat kain sejenis ini lagi ya sudah dibeli dulu. 
Berbekal hasil pencarian melalui pinterest dan melihat beberapa foto pengantin saya memutuskan menjahit baju resepsi yang simpel. Untuk baju akadpun saya menjahit dengan desain kebaya minimalis. Berikutnya saya memutuskan untuk mempercayakan baju pernikahan ke Mbak Eva. Mbak Eva ini adalah penjahit langganan keluarga kami. Jadi sudah mengerti selera saya maupun keluarga. Untuk jas resepsi, saya dan suami mempercayakan kepada Yarden Tailor. Kainnya saya beli di toko kain sepanjang Jalan Solo Yogyakarta.


4. MAKE UP ARTIST
MUA : Yayaharyo

Untuk MUA saya mencari referensi dari instagram beberapa MUA di Yogyakarta dan akhirnya mempercayakan kepada Mbak Yaya setelah melihat portofolionya. Selama dimakeup saya "manut" saja, saya yakin hasil make up Mbak Yaya selalu bagus (padahal sebenernya saya sudah sangat tegang jadi tidak ada request make up apapun ke Mbak Yaya). Jika tertarik melihat portofolio Mbak Yaya bisa melalui instagram Yayaharyo



5. DOKUMENTASI

Sama halnya dengan MUA, vendor foto saya dapatkan melalui browsing instagram. Ada beberapa vendor yang saya list dan saya minta pricelistnya. Akhirnya begitu melihat portofolio Kalopsia langsung cocok. Alhamdulillah, (menurut saya) tidak salah pilih. Saya sangat merekomendasikan Kalopsia. Selain hasilnya yang bagus-bagus, Mas Hutomo dan Mas Ferie sangat komunikatif dan ramah. Poin plusnya mas mas berdua ini banyak sekali membantu membangkitkan mood dan suasana saat foto. Selain itu banyak foto candid, foto keluarga, dan foto teman-teman kami yang hasilnya bagus. Monggo dicek instagram Kalopsia Photography siapa tau cocok. 


Note :
Saya agak menyesal sih karena harusnya video cinematic juga saya percayakan ke Kalopsia saja. Karena memang hasil tim Kalopsia sesuai selera saya dan yang terpenting komunikatif dan mau diribetin. Thank you Mas Hutomo!

6. WO, DEKORASI, CATERING
WO : Darpa Production
Dekorasi : HDWR Dekorasi
Catering : HDWR Catering

Untuk bagian ini saya mempercayakan kepada ibu saya. Jadi memang awalnya sudah sepakat, selain ketiga hal tersebut saya memilih sendiri vendornya. Kebetulan vendor dekorasi dan katering masih saudara jauh dari keluarga ibu sehingga kami sangat terbantu. Mbak Roroh, Mas Lukas dan Mas Indra dari tim HDWR dan Darpa Production sangat komunikatif dan membantu banyak selama persiapan. Untuk dekorasi sendiri Mas Hakim dari HDWR saya lebih sering berkomunikasi dan membicarakn konsep melalui whatsapp. Alhamdulillah hasil dekornya memuaskan.


7. INVITATION, BRIDESMAID CARD & PHOTOBOOTH
Invitation : Arsanti Invitation (@arsantiinvitation)
Bridesmaid card : Laska Good (@laskagoods)
Design photobooth : Kata Pagi by Annisa Dwi (@_katapagi)
Photobooth : Hiddeneyes Photobooth

Untuk undangan pernikahan saya mempercayakan kepada Arsanti Invitation, desainnya menarik dan yang paling penting adminnya sangat ramah. Jika ingin membuat "printilan-printilan" pernikahan seperti bridesmaid atau groomsmen card, Laska Goods dan Katapagi adalah vendor yang sangat saya rekomendasikan. Bisa request design sesuai konsep dan keinginan kita. Hasilnya juga memuaskan. Untuk photobooth saya mengambil paket dua jam unlimited dengan bentuk photostrip. Hasilnya sesuai keinginan saya namun agak disayangkan pada saat acara sempat ada masalah bagian pencetakan dan memakan waktu hampir setengah jam. But overall saya cukup puas dengan hasilnya.


Finally, selama persiapan pernikahan jangan lupa perbanyak doa dan selalu menjaga kesehatan. Karena drama-drama persiapan pernikahan memang benar adanya. Paling tidak dengan berdoa bisa lebih menentramkan hati. Alhamdulillah suami saya orangnya bisa menenangkan saya jika saya sudah “terlalu drama”. Satu yang dapat saya simpulkan, setelah kita berusaha mempersiapkan pernikahan secara maksimal, akan ada hal yang tidak bisa dihindari yang akan menjadi "bahan omongan" tamu undangan. Namun perlu diingat kita harus tetap menikmati acara dan berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan sahabat yang sudah datang mendoakan. Salam ena-ena. Cheers!

25 comments:

  1. Semoga menjadi keluarga samawa, sehat selalu 😘

    ReplyDelete
  2. Amin Ya Allah makasih doanya Mbak Iwi lancar-lancar persiapan nikahnya sm Tama ❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  3. Hai Calon Pengantin ~
    Percayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE bergaya elegant di Jakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 35 Juta juga lho!

    Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

    > For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.

    ReplyDelete
  4. Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Kologdam Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu CASH BACK 10JUTA Semua itu tanpa diundi looohhh…

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hiskologdam )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete
  5. Thanks infonya. Oiya, temen-temen tau ga sih kalo sebenernya ada cara sangat ampuh untuk persiapkan biaya nikah? Dan ternyata bukan dengan nabung loh! Jawabannya bisa cek di sini nih: jangan menabung untuk persiapan menikah

    ReplyDelete
  6. Dear Akang & Teteh Calon Pengantin..
    Salam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer hadir dengan konsep terbaru dan ekslusif di gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom.

    Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
    Full carpet
    AC Central + 14 Standing AC
    Ceiling tinggi 10m
    Kapasitas sampai dengan 2000 orang
    2 Ruang Rias Full AC
    Masjid Junudurrahmah untuk Akad Nikah
    Area parkir luas
    Free izin Keamanan, Kebersihan, Keramaian)
    Free Genset

    Untuk semakin mempermudah dalam menyiapkan hari pernikahan, Akang dan Teteh akan dibantu dengan fasilitas Wedding Consultant, Wedding Organizer dan Wedding Package (Dengan Pilihan Vendor Favorit di Bandung).
    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Kologdam di Jalan Aceh No 50, Merdeka, Bandung.

    Diantos Akang Teteh..

    ReplyDelete
  7. Hallo Kaka-kaka Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan!! Serta kita ada BONUS loooh tanpa diundi!!

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete
  8. Haii Para Calon Pengantin..

    yang masih bingung dan pusing cari cari venue wedding karena udah banyak bangetttt venue yang kamu datengin..aku punya solusinya, yukkkk datang ke HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang Kav. 1B, Cilandak-Jakarta Selatan) kenapaaa aku saranin kamu datang langsung karena kita punya paket All In, kita juga punya Foodstaal Millenial (Hong Tang, Baskin Robin, Sushi Tei, Yoshinoya, Gulu Gulu, Sour Sally) dan gedung kita bisa semi outdoor yang gak kalah sama gedung lainnya dannn yang pastinya gak akan bikin kamu pusing dan stresss lagi.

    Paket Pernikahan di HIS Graha Elnusa yang akan kamu dapatkan yaitu :
    – Fasilitas Gedung (Full Carpet, Ac Central dan Standing, 4 Lampu Chandelier yang akan menambah kesan mewah, Kapasitas parkir 700-800 kendaraan, Area drop off untuk para tamu undangan yang gak harus naik lift atau tangga saat mau ke ballroom)
    – Catering
    – Dekorasi
    – Photography
    – Entertaiment
    – Rias dan Busana
    – 1 Wedding Planner
    – Team WO 8 orang
    – Mobil Pengantin Alphard
    – MC + Buku Tamu

    Bonus : Logam Mulia 10gr dan penginapan di RA Premiere Simatupang

    untuk info lebih lanjut bisa hubungi di : 0857-1837-2283 (DWI) Wedding Public Relation

    ReplyDelete
  9. Haloo, aku mau bagi pengalaman pernikahan kakakku. Jadi waktu itu kakakku dan pasangannya sibuk kerja kan jadi memang susah untuk ngurusin sendiri, nah karena kakakku nyari tempat pernikahan yang memang aksesnya mudah jadi dia nyari yang tengah2 dan ga terlalu macet. Akhirnya kakakku mutusin buat nikah di Elnusa, letaknya kalau ga salah di Tb.Simatupang deket Citos. Nah disana ternyata sudah ada paketan weddingnya juga dan sudah ada WOnya. Waktu itu kakakku dibantu sama Kak Ali, nah disana bener2 dibantuin dari awal sampe akhiir. Walaupun kakakku dan pasangannya sibuk kerja tapi urusan pernikahannya ga sampai keteteran karena bener2 dibantuin. Jadi disana itu udah semua2nya diurusin, kakakku tinggal ngurusin souvernir dan undangan aja. Bahkan ada Wedding Plannernya gitu yang mengatur jadwal kakakku untuk visit2 vendor dan testfood, jadi bener2 bikin kakakku ga pusing mikirin pernikahannya. Dari awal kakakku persiapan acara sampai akhir acara bener2 ga dilepas sama WOnya, dan hal itu ngebuat mamahku ga terlalu banyak ikut campur. Jujur Pelayanannya bener2 bagus, walaupun kakakku dan pasangannya kadang suka banyak maunya tapi tuh kayak diturutin terus gituu. Alhamdulillah keluargaku dan kakakku puas sih nikah di HIS Graha Elnusa. Kalo kalian berminat aku ada nih kontaknya yang waktu itu bantuin kakakku, namanya Kak Ali, nomornya 087884761964. Semoga bisa membantu kaliaan

    ReplyDelete
  10. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luas bgt, udah gitu gak ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya lho.. Kemarin acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..Silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hehehe

    ReplyDelete
  11. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luaaaass bangett, udah gitu gak perlu ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya lho.. 

    Kemarin acara aku di arrange sama Wedding Public Relation & Wedding Planner yang kooperatif bgt.. Alhamdulillah acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak Wedding PR yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hihihi

    ReplyDelete
  12. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  13. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  14. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  15. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  16. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  17. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  18. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete
  19. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  20. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  21. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976
    Balas

    ReplyDelete
  22. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  23. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  24. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete
  25. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    ReplyDelete